Suasana berbeda tampak pada salah satu ruangan di Central Building Office Blast Furnace PT. Krakatau Steel (Persero), Tbk. pada hari Kamis (26/01/2017) lalu. General Manager Blast Furnace PT. Krakatau Steel (Persero), Tbk. Hernanto Wiryomijoyo, Direktur Pengembangan Usaha PT. Krakatau  Tirta Industri Saritomo, beserta jajaran staf dan karyawan PT. Krakatau Steel (Persero), Tbk. (PT. KS) dan PT. Krakatau Tirta Industri (PT. KTI) tampak hadir di ruangan tersebut bersama puluhan karyawan baru PT. KTI hasil penjaringan beberapa waktu lalu untuk men-support Pekerjaan Jasa Pengoperasian dan Perawatan Demineralized Water Station & Biotreatment Plant di Pabrik Blast Furnace Complex PT. KS (O&M DWS-BTP BFC). Pertemuan tersebut terselenggara dalam rangka Kick Off Pekerjaan O&M DWS-BTP BFC yang terdiri dari seremonial penyerahterimaan karyawan baru dari PT. KTI kepada PT. KS yang sudah disiapkan PT. KTI untuk menjalankan O&M DWS-BTP BFC serta pengenalan kepada para karyawan baru perihal Blast Furnace PT. KS dan O&M DWS-BTP BFC.

Saritomo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kepercayaan PT. KS pada PT. KTI sebagai pelaksana O&M DWS-BTP BFC. Beliau menyampaikan bahwa PT. KTI sebagai anak perusahaan PT. KS senantiasa mendukung setiap rencana strategis PT. KS, termasuk pengoperasian Blast Furnace Complex PT. KS dalam rangka mendukung produksi baja PT. KS. Beliau tidak lupa memberikan nasehat kepada para karyawan baru untuk menjunjung tinggi etos kerja yang baik.

Sementara itu, Hernanto Wiryomijoyo pada kesempatan yang diberikan memberikan penekanan pada pentingnya kedisiplinan dalam bekerja. Kepada para peserta beliau menyampaikan bahwa Blast Furnace merupakan jantungĀ kegiatan produksi baja PT. KS. Sebagai unit yang bersifat strategis, setiap karyawan yang mengabdikan diri pada Blast Furnace PT. KS dituntut untuk senantiasa memiliki kedisiplinan dan kejujuran. Ketidak disiplinan dalam bekerja, khususnya, dapat menimbulkan ekses negatif, baik terhadap karyawan, pabrik, bahkan korporasi secara keseluruhan.

Acara seremonial serah terima karyawan baru diakhiri dengan penandatanganan berita acara serah terima karyawan baru PT. KTI kepada PT. KS untuk O&M DWS-BTP BFC. Penandatanganan berita acara serah terima karyawan baru tersebut dilakukan oleh General Manager Blast Furnace Complex PT. KS dan Direktur Pengembangan Usaha PT. KTI dengan disaksikan jajaran staf dan karyawan PT. KS dan PT. KTI serta para karyawan baru.

O&M

Setelah berakhirnya sermonial serah terima karyawan baru, para punggawa andalan O&M DWS-BTP BFC tersebut diberikan penjelasan mengenai Blast Furnace Complex PT. KS serta alur proses kegiatan yang terjadi pada unit yang berperan dalam produksi baja skala besar tersebut. Sebagai informasi DWS atau Demineral Water Station merupakan unit pengolahan air yang berperan dalam produksi air non-mineral (demineralized water) atau biasa disebut air demin. Air bersih dari PT. KTI, yang berperan sebagai air baku, dipasok menuju instalasi pengolah air demin. Melalui serangkaian proses meliputi antara lain proses penghilangan kadar garam dan mineral dalam air melalui proses pertukaran ion (ion exchange) menggunakan activated-carbon, resin anion, kation, serta kombinasi anion-kation, diperolehlah air demin untuk memenuhi kebutuhan pabrik  pada Blast Furnace Complex PT. KS. Sementara itu, pada Biotreatment Plant atau BTP, proses pengolahan dilakukan pada air limbah buangan kegiatan produksi maupun air limbah perkantoran. Terhadap air limbah tersebut dilakukan pengolahan melalui instalasi BTP untuk menghasilkan air olahan. Air olahan selanjutnya dipasok untuk melakukan proses pembersihan dan pendinginan (quenching) batu bara yang digunakan dalam proses produksi baja pada Blast Furnace Complex PT. KS. PT. KTI sebagai badan usaha di bidang pengolahan air bersih dan telah berpengalaman dalam teknologi pengolahan air baik ultrafiltrasi, reserve osmosis, dan ion exchange pada beberapa proyek, diberikan tanggung jawab untuk mengelola kedua instalasi tersebut.

Para karyawan baru dengan didampingi Plt. Kepala Divisi Pengembangan Usaha PT. KTI Hikmah Widyanti, Kepala Dinas Usaha & Operasi Iwan Sulistiyo, Kepala Dinas Perniagaan Wahyu Mahardian, beserta staf PT. KTI lainnya melakukan kunjungan plant pada DWS dan BTP. Karyawan baru tampak antusias menyimak paparan yang disampaikan, terutama mengenai alur proses kegiatan pada DWS maupun BTP. Teriknya suasana siang itu tidak mengurangi antusias mereka dalam menyampaikan pertanyaan yang diajukan kepada Oky Fredy yang bertugas sebagai pemandu. Kegiatan berakhir tepat pukul 12.00 WIB. Diagendakan awal Februari 2016 keseluruhan karyawan baru tersebut mulai beraktifitas pada DWS maupun BTP sesuai penempatan yang ditentukan nantinya. (aboed)