Tim SGM Develop dan Tim PKM aurora PT KTI, pada tanggal 23 - 26 November 2015 mengikuti Temu Karya, Mutu dan Produktivitas Nasional ke-XIX di Yogyakarta. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Wahana Kendali Mutu yang merupakan perusahaan konsultan bergerak dalam bidang pengembangan manajemen dan SDM bertujuan untuk bertukar pengalaman antar perusahaan/organisasi individu dalam peningkatan mutu dan produktivitas.

Acara tersebut telah terlaksana sejak tahun 1997,dan pada penyelenggaraan tahun 2015 jumlah peserta mencapai 1.230 orang, 284 Tim GKM/PKM/SS dan 93 Perusahaan.
Pada hari pertama seluruh peserta melakukan registrasi, technical meeting serta uji alat presentasi, pada tanggal 24 November 2015 Tim PKM Aurora melakukan presentasi tentang "Meningkatkan Kualitas Air Baku Waduk Krenceng pada Musim Peralihan Sesuai Standar" dimana hasil yang diharapkan dari PKM ini antara lain:

1. Menjaga kualitas air baku waduk krenceng yang fluktuatif agar tetap bisa diolah di WTP.
2. Efisiensi Listrik sebesar 0.14 kWh/m3, mencegah produk air buangan di filter 4500 m3/5 sel (selama 3 hari), efisiensi penggunaan alum sulfat sebesar 10 ppm dan efisiensi biaya pembersihan pasir filter.
3. Menjamin kuantitas, kualitas dan kontinuitas supply air bersih ke pelanggan.
4. Meningkatkan kehandalan filter WTP.
5. Meningkatkan kepedulian efisiensi dan lingkungan kerja.
6. Penghematan air baku dan listrik sehingga menjaga kelestarian lingkungan.

Dari presentasi inilah Tim PKM Aurora mendapat peringkat Silver Medal.
Keesokan harinya pada tanggal 25 November 2015 Tim SGM Develop melakukan presentasi yang mengangkat judul "Menurunkan Losses WTP MCCI Karena Backwash Sand Filter dan Air Sampling Online Analyzer Sebesar 100% Selama 5 Bulan". Hasil yang diharapkan oleh Tim SGM Develop antara lain:

1. Tidak ada air produk dan air bersih yang terbuang.
2. Penghematan biaya (air yang tebuang karena backwash pasir filter dan sampling online).
3. Kontinuitas dan kuantitas produksi WTP MCCI terjaga.
4. Skill operator meningkat.
5. Mengurangi air limbah (concentrate) yang dibuang ke lingkungan.
6.Penghematan energy listrik.

Dari inovasi inilah Tim SGM Develop dianugerahi Gold Medal.
Anugerah peringkat yang diberikan tidak menjadi kepuasan, akan tetapi memacu dari setiap unit kerja di PT KTI untuk selalu konsisten dan komitmen dalam menerapkan inovasi-inovasi tersebut serta mengembangkan agar menjadi lebih baik lagi, serta mencari inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan profit perusahaan ke depan.(ab)