Kesadaran untuk ikut serta membangun lingkungan menjadi salah satu concern PT Krakatau Tirta Industri (PT KTI). Hal demikianlah yang menjadi salah satu alasan diselenggarakannya program donor darah dan khitanan massal oleh PT KTI sebagai salah satu menu khas dalam setiap peringatan hari ulang tahun PT KTI, khususnya peringatan Hari Ulang Tahun PT KTI ke-23 tahun ini. Program tahunan ini kembali digelar sebagai manifestasi kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekaligus implementasi dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR).

 

Kegiatan donor darah tahun ini digelar di Gedung Innovation Center pada hari Selasa (19/02/2019). Hal yang membedakan kegiatan ini dibandingkan tahun sebelumnya adalah kehadiran vampire dan juru medis serta beberapa karakter lain yang diperankan oleh rekan-rekan Management Trainee (MT) PT KTI 2018 untuk memeriahkan acara. Rekan-rekan MT PT KTI tersebut berjajar sebelum dimulaikan kegiatan untuk mengajak karyawan PT KTI mendonorkan darah mereka. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kota Cilegon (PMI Cilegon), kegiatan ini direspon hangat oleh segenap insan PT KTI sehingga dapat terkumpul 48 kantong darah. PT KTI berharap kantong-kantong darah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

 

Selain donor darah, pada Sabtu (23/02/2019) diselenggarakan pula khitanan massal yang dihadiri jajaran Direksi PT KTI, Sekretaris Perusahaan dan staf, serta panitia dan tentu saja puluhan peserta khitanan massal yang berasal dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Citangkil dan Kecamatan Ciwandang, Kota Cilegon serta Kecamatan Anyar, Kecamatan Cinangka, Kecamatan Mancak, dan Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Kegiatan ini bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Citangkil yang bertindak sebagai petugas medis. Seperti pada donor darah, kembali rekan-rekan panitia yang didominasi rekan-rekan MT PT KTI menggunakan dress code kaos karakter tokoh superhero, seperti Iron Man, Spiderman, dan Thor. Taufik Rachmat Gumilang, salah satu panitia peringatan HUT KTI ke-23 yang sekaligus panitia kegiatan khitanan massal, menyampaikan alasan menggunakan kaos karakter superhero dalam kegiatan ini. Selain jadi ciri khas, harapannya juga adik-adik peserta khitan juga tidak grogi saat prosesi khitan nantinya, ujar Taufik. Peran panitia banyak membantu untuk menenangkan adik-adik yang mengikuti khitanan massal. Alpha Gideon, salah satunya. Untuk mengalihkan perhatian salah satu peserta, Alpha mengajak salah satu peserta melihat video di smartphone. Biar nggak panik aja. Biar petugas medis juga bisa bekerja lebih cepat, aku Alpha saat ditanya alasan di balik gagasannya itu. Total 68 anak berhasil dikhitan dalam kegiatan khitanan massal tahun ini.

 

Kontribusi Nata

 

Direksi PT KTI yang senantiasa mendukung kegiatan sosial PT KTI, khususnya donor darah dan khitanan massal, menyampaikan kegiatan-kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata PT KTI terhadap lingkungan. Donor darah adalah sarana untuk menjamin ketersediaan stok darah yang cukup. Bisa dibayangkan berapa kerugian yang timbul akibat hilangnya satu nyawa hanya karena ketiadaan stok darah? Berapa rupiah kerugian material dan immaterial perusahaan andaikata yang meninggal adalah seorang buruh? Belum lagi dampak bagi keluarga dan lingkungan yang ditinggalkan, ujar Agus Nizar Vidiansyah, Direktur Utama PT KTI saat ditemui di lokasi donor darah.

 

Selain itu, khitanan massal sebagai salah satu upaya nyata PT KTI untuk mendukung upaya eliminasi risiko kesehatan di masyarakat, khususnya penyakit kelamin. Khitan adalah tuntunan Islam yang memiliki banyak manfaat, khususnya dari segi medis. Harapannya agar peserta khitan tahun menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit dan tentu saja menjadikan mereka anak-anak yang shaleh. Dalam kedua kegiatan sosial tersebut Direksi PT KTI tidak pernah absen untuk menyempatkan hadir di sela-sela kesibukan dan padatnya agenda. “Ini bagian atensi kami di manajemen untuk memastikan kegiatan CSR PT KTI berjalan baik dan lancar,” ujar Slamet Gunawan, Direktur Keu, Perso, & Umum PT KTI saat dimintai pendapat mengapa direksi berkenan hadir dalam kegiatan khitanan massal.

 

Dalam peringatan HUT PT KTI ke-23 tahun ini PT KTI mengadakan beberapa kegiatan di bidang CSR. Selain donor darah dan khitanan massal, PT KTI juga akan menyelenggarakan bantuan siswa dan santunan anak yatim. Kegiatan tersebut menyasar pada kalangan pelajar yang kurang beruntung dan berprestasi di sekitar kegiatan usaha PT KTI. Secara simbolis kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 28 Februari 2019. (ar.as/dok:corcomKTI)