Tanggal 6 Januari 2016, pagi hari hari kawasan proyek dekat Sungai Cipasauran Kec. Cinangka tampak ramai dengan kehadiran para pekerja, pelaksana, pengawas, dan tim proyek PT. Krakatau Tirta Industri yang sedang mempersiapkan acara groundbreaking EPC Pembangunan Bendung Cipasauran, Jaringan Pipa Transmisi Air Baku dan Pembangunan WTP Cidanau Serta Jaringan Pipa Air Bersih PT. Krakatau Tirta Industri yang disiarkan langsung melalui teleconference yang diterima di Convention Hall the Royale Krakatau Hotel Cilegon dengan disaksikan oleh jajaran Dekom, Direksi dan Manajemen PT. Krakatau Steel & Group, Pejabat Pemda Kab. Serang, Pemprov Banten, Ulama, pimpinan Muspika, Muspida, Para Kepala Desa Kab. Serang & Kota Cilegon, Kajari Kota Cilegon, PT. SMI, PT. BNI, PT. Adhi Karya, Pelanggan KTI, FKDC dan undangan lainnya.

Acara dilaksanakan secara khidmat yang didahului dengan sambutan Project Director, Saritomo yang menjelaskan kronologis pekerjaan proyek pembangunan bendung Cipasauran, Jaringan Pipa transmisi & WTP Cidanau, selanjutnya sambutan Dirut PT KTI, Sofyan Amin yang menyampaikan secara umum pelaksanaan proyek ini dirintis sejak tahun 2012 dan baru terlaksana tahun 2015 mengingat permintaan kebutuhan air semakin meningkat sehingga PT. KTI perlu mencari sumber air baku baru dari Sungai Cipasauran di Kec. Cinangka yang akan dibangun bendung dan fasilitas lainnya sehingga mampu menambah kapasitas sebanyak 800 liter/detik. Saat ini PT. Krakatau Tirta Industri tengah berupaya meningkatkan debit andalan Sungai Cidanau dan akan mempersiapkan proses teknologi Desalinasi air laut dalam rangka mengantisipasi permintaan air bersih bagi pelanggan sehingga nantinya kebutuhan air sampai tahun 2020 dapat terpenuhi.

Manfaat proyek ini selain dapat meningkatkan sumber air baku yang ada, diharapkan dapat menjamin ketersediaan dan kehandalan suplai air baku untuk diproses di WTP Cidanau dan WTP Krenceng, terutama saat musim kemarau demikian cuplikan sambutan Dirut PT KTI.

Acara berikutnya sambutan oleh Bupati Kabupaten Serang yang disampaikan oleh Sekda Kab. Serang, Lalu Atharussalam, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Dinas SDA & Pemukiman Provinsi Banten, Husni Hasan.

Pada sambutan penutup Dirut PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, yang disampaikan Direktur Pemasaran, Dadang Danusiri memberikan apresiasi atas terealisasinya proyek pembangunan Bendung Cipasauran PT. Krakatau Tirta Industri yang berlokasi di Cipasauran, Kecamatan Cinangka dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya proyek ini serta mengingatkan agar selalu berkomitmen untuk menjaga jaminan suplai air dan pelayanan kepada para pelanggan terutama adanya kebutuhan air untuk program peningkatan kapasitas produksi PT Krakatau Steel serta senantiasa menjaga harmonisasi lingkungan.

Pada puncak acara pelaksanaan groundbreaking ditampilkan teleconference siaran langsung dengan lokasi proyek pembangunan Bendung Cipasauran dengan Tim Proyek PT KTI & PT Adhi Karya, yang menyampaikan kesiapan groundbreaking proyek siap dimulai dengan penekanan tombol sirine sebagai tanda dimulainya pekerjaan proyek pembangunan bendung Cipasauran tersebut oleh Direksi PT KS, Sekda Kab.Serang, Dirut PT KTI dan diikuti bersama-sama para pejabat, Dekom PTKS & Group serta disaksikan undangan yang hadir.

Di penghujung acara dalam acara ramah tamah, Direksi PT KTI tampak memberikan beberapa penjelasan didepan maket proyek terkait persiapan dan pelaksanaan pekerjaan proyek bendung Cipasauran dan WTP Cidanau kepada para Pejabat, Dekom, Direksi KSG serta undangan.

Harapan PT KTI, proyek ini Insya Allah sangat bermanfaat dan sebagai jawaban dalam memenuhi permintaan air bersih untuk kebutuhan industri serta masyarakat, demikian penjelasan Rubie A. Alham, Sekper PT. KTI