Pelaksanaan Pra Raker PT KTI dilaksanakan pada tanggal 13-15 Maret 2017 bertempat di Hotel Horison, Serang. Dengan mengangkat tema Berkomitmen untuk meningkatkan kinerja secara profesional, inovatif dan konsisten untuk tercapainya percepatan proyek strategis dan transformasi teknologi, acara Pra Raker di awali oleh pemaparan capaian Sasaran Kerja Perusahaan tahun Anggaran 2016 oleh Kepala Divisi Keuangan Abdullah Sugiyaman, dimana dominasi hasil yang dicapai adalah positif. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Sasaran Kerja Perusahaan Tahun Anggaran 2017 oleh Direktur Utama  PT KTI Sofyan Amin,  selama 60 menit beliau memaparkan dan juga memberikan arahan-arahan kepada seluruh Divisi dalam penyusunan SKK masing-masing unit. 

Selama tiga hari antusias para peserta yang terdiri dari seluruh Kepala Divisi dan Kepala Dinas PT KTI memaparkan Sasaran Kerja di unit masing-masing, secara bergantian saling memberi masukan untuk menjadikan kinerja semakin profesional dan konsisten.

Pada tanggal 17 Maret 2017 bertempat di Hotel Marbella Anyer, Raker - RKAP 2017 PT KTI diselenggarakan yang merupakan rangkaian final dari acara pra raker sebelumnya. Berkesempatan hadir Komisaris Utama PT KTI Imam Purwanto, Komisaris PT KTI HM. Mardini dan Sugianto.

Mengawali sambutannya , Direktur Utama PT KTI Sofyan Amin mengatakan Empat hal besar yang mendorong eksistensi perusahaan yaitu kemauan dan kemampuan mendengar tuntutan pasar, membangun solidaritas internal dan eksternal, membaca opportunity, melahirkan inovasi dan solusi. Jika diamati, substansi keputusan RUPS perihal persetujuan RKAP KTI tahun 2017 merupakan sarana untuk melahirkan empat kemampuan tersebut. Selain itu, PT KTI dituntut untuk memanfaatkan lebih baik peluang-peluang pengolahan sumber air diluar air bersih sebagai air baku. Pernyataan Dirut PT KTI tersebut diperkuat oleh pernyataan dari Komisaris Utama PT KTI Imam Purwanto dalam sambutannya, Jangan pernah mengharapkan kemajuan pada perusahaan yang tidak pernah mau memperbaiki etos kerja ; menegakkan disiplin, kejujuran, solidaritas, integritas dan hal-hal positif lain dalam bekerja. Profesionalisme, inovasi dan konsistensi sebagaimana tema Raker-RKAP 2017 PT KTI tahun ini adalah sebagian dari sarana untuk memperoleh kemajuan bagi PT KTI itu sendiri dan hal tersebut harus kita dukung bersama. Selanjutnya setiap Anak Perusahaan harus berfikir Group untuk kemajuan induk yaitu PT Krakatau Steel.

Selanjutnya diakhir acara, seluruh peserta Raker bersama-sama BOC dan BOD PT KTI meninjau proyek Bendung Cipasauran yang pada hari itu akan dilakukan pembukaan Dam air baku untuk masuk ke area plant bendung Cipasauran.