PT Krakatau Tirta Industri selenggarakan aksi penanaman 2.811 pohon dan pelepasan satwa di rumah pantau paninjaunan Cagar Alam Rawadanau Kec. Mancak, Kab. Serang pada Selasa (03/12). Acara dihadiri Wakil Bupati Serang Bapak Panji Tirtayasa, Kepala BBKSDA Jawa Barat Ibu Ir. Ammy Nurwati, MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Banten sekaligus ketua FKDC Bapak Husni Hasan, Sekjen Forum Komunikasi DAS Cidanau (FKDC) Bapak Nana, Direksi dan Dewan Komisaris serta karyawan PT. KTI dan pelanggan air bersih PT Krakatau Tirta Industri dari berbagai Perusahaan Industri di Kota Cilegon.

Wakil Bupati Serang mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada area alam yang terbuka dan memperlihatkan langsung Cagar Alam Rawa Danau yang dikelola oleh BBKSDA Jawa Barat serta dimanfaatkan secara tidak langsung oleh PT. KTI Beliau menyampaikan, kegiatan ini pada intinya menghidupkan segala sumber kehidupan yang ada di Banten “PT KTI memanfaatkan air yang berasal dari Rawa Danau secara tidak langsung, dan hal yang mendorong tumbuhnya investasi dan berdirinya industri-industri di Kota Cilegon. Tanpa adanya PT KTI sebagai pengelola air industri kemungkinan besar tidak ada pula industri-industri lain di Kota Cilegon” sambut beliau.

Direktur Utama PT Krakatau Tirta Industri menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh rekan-rekan PT KTI adalah bagian kecil dari sekian banyak pekerjaan yang bisa dilakukan, termasuk dalam program penanaman demi menjaga kelestarian sumber air di Cagar Alam Rawa Danau “Apa yang telah dilakukan PT KTI merupakan bagian kecil dari sekian banyak pekerjaan salah satunya dengan penanaman pohon, demi menjaga kelestarian sumber air di Cagar Alam Rawa Danau. Masih banyak hal yang bisa kita lakukan lebih dari ini, agar Cagar Alam Rawa Danau ini tetap terjaga” ungkap beliau.

Dalam acara ini panitia menyajikan pentas seni dengan menampilkan teatrikal Hikayat Rawa Danau, tidak hanya itu, acara juga dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara PT KTI dengan FKDC, PT KTI dengan BBKSDA Jawa Barat yang dilanjutkan dengan pelepasan satwa di antaranya burung dan ular. Acara puncak dari serangkaian kegiatan hari ini ditandai dengan penanaman 2.811 pohon sebagai lanjutan dari program penanaman 1 juta pohon. Program penanaman pohon PT KTI tahun ini sudah mencapai target sebanyak 633.294 pohon dan ditargetkan pada tahun 2025 terealisasi penanaman 1 juta pohon. (Wie)